Perjalanan Tugas Akhirku

Berawal dari jemariku berselancaran di situs google.com. Akhirnya aku menemukan 1 judul TA yang membuatku tertarik untuk mencobanya. “Pembuatan termometer digital berbasis mikrokontroler AT89C51” itu judulnya. Namun setelah ditelusuri ternyata beberapa TA disalah satu Universitas di Bandung kebanyakan menggunakan bahasa assembler. Waktu itu aku sama sekali tidak mengerti dengan bahasa pemograman terutama bahasa assembler. Waktupun terus bergulir. Sementara TA-ku belum rampung juga. Karena terhambat dipemograman dan alat perekam. Setelah beberapa bulan kemudian, Allah memberi pertolongan kepadaku berupa informasi bahwa si Anu tugas akhirnya ini. Dan TA dia pada prinsipnya sama-sama menggunakan IC voice yaitu IC ISD. Setelah aku menghubunginya aku mendapatkan informasi bahwa alat perekam yang aku inginkan selama ini itu ada di toko 15 di kota Jogja. Pesanlah aku kepada salah satu temanku yang kuliah di UNY untuk mencarikan trainer untuk merekam suara itu. Alhamdulillah, setelah beberapa hari aku mendapat kabar bahwa alatnya tinggal satu2nya, dan sudah dipesankan oleh temanku yang ada di Jogja. Hingga akhirnya aku mengambil keputusan untuk segera pergi ke kota Jogja. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa alat itu benar-benar yang aku cari. Dan Alhamdulillah ternyata benar, itu alat yang aku cari.

Untuk masalah pemograman, akhirnya aku dipertemukan dengan beberapa  buku referensi yakni “PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER AVR ATMEGA16 MENGGUNAKAN BAHASA C (CODEVISION AVR)”, “MIKROKONTROLER ATMEL AVR” dan “C dan AVR Rahasia kemudahan bahasa C dalam Mikrokontroler ATmega8535”.

Allah-lah yang menolongku selama perjalanan tugas akhirku lewat perantara orang lain.

Tinggalkan Balasan

